Inisiasi 01
e-learning
Alternativef
assessement
Tutorial
online inisisasi Mbs# 1
Peningkatan
Manajemen Berbasis Sekolah sangatlah penting untuk diterapkan di lembaga
pendidikan (sekolah) karena yang pertama sekolah lebih mengetahui kekuatan,
kelemahan, peluang dan ancaman bagi dirinya, sehingga sekolah dapat
mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya yang tersedia untuk memajukan
sekolahnya. Kedua,
sekolah lebih mengetahui kebutuhannya. Ketiga, keterlibatan
warga sekolah dan masyarakat dalam pengambilan keputusan dapat menciptakan
transparansi dan demokrasi yang sehat. Pendidikan sangatlah penting untuk
diterapkan dan di konsumsi dalam lembaga sekolah serta guna mencapai pendidikan
yang bermutu dan bermartabat dalam melaksanakan proses pembelajaran.
Karena
MBS di Indonesia termotivasi dengan berhasilnya penerapan MBS di negara-negara
maju seperti Amerika Serikat, Australia dll, sebagai studi banding untuk
meningkatkan kapasitas sekolah itu sendiri. Kemudian untuk menciptakan masyarakat yang
maju maka hal perlu diperhatikan terlebih dahulu adalah bagaimana mewujudkan
pendidikan yang bermutu yang pada akhirnya mencapai tujuan pendidikan nasional
yaitu terwujudnya sistem pendidikan sebagai pranata sosial yang kuat dan
berwibawa untuk memberdayakan semua warga negara Indonesia berkembang menjadi
manusia yang berkualitas sehingga mampu dan proaktif menjawab tantangan zaman
yang selalu berubah. Hal ini sejalan dengan Visi Pendidikan Nasional bahwa
Depdiknas berhasrat untuk pada tahun 2025 menghasilkan insan Indonesia yang
cerdas dan kompetitif atau insan paripurna, serta memberikan kebijakan secara
luas kepada sekolah untuk meningkatkan efektivitas dan efisisensi sekolah itu
sendiri.
Cara
sekolah untuk memanfaatkam otonomi yang diberikan ini untuk mengembangkan mutu pendidikan
yaitu melaksanakan dengan baik kebijakan otonomi kepada sekolah dengan baik,
karena sekolah lebih banyak mengetahui kekurangan dan kelebihan sekolah itu
sendiri. Minim dan majunya sekolah itu tergantung cara sekolah mengelolanya
dengan bijak. Terutama kepala sekolah sebagai leardership, supervisor,
mativatir dan lain sebagainya.
Tujuan
penerapan manajemen berbasis sekolah adalah untuk memandirikan atau
memberdayakan sekolah melalui pemberian kewenangan (otonomi) kepada
sekolah, pemberian fleksibilitas yang lebih besar kepada sekolah untuk
mengelola sumberdaya sekolah, dan mendorong partisipasi warga sekolah dan
masyarakat untuk meningkatkan mutu pendidikan.
Secara
lebih rincinya, MBS bertujuan untuk (1) meningkatkan mutu pendidikan melalui
peningkatan kemandirian, fleksibilitas, partisipasi, keterbukaan, kerjasama,
akuntabilitas, sustainabilitas, dan inisiatif sekolah dalam mengelola,
memanfaatkan, dan memberdayakan sumberdaya yang tersedia, (2) meningkatkan
kepedulian warga sekolah dan masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan
melalui pengambilan keputusan bersama, (3) meningkatkan tanggungjawab sekolah
kepada orangtua, masyarakat, dan pemerintah tentang mutu sekolahnya dan (4)
meningkatkan kompetisi yang sehat antar sekolah tentang mutu pendidikan yang
akan dicapai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar